PEMBERDAYAAN UMKM: 460 Koperasi dari 33 Provinsi Jadi Pendamping

BISNIS.COM, JAKARTA–Kementerian Koperasi dan UKM  tetapkan 460 koperasi dari 33 provinsi menjadi pendamping pelaku usaha mikro, kecil dan menengah sebagai upaya meningkatkan penyaluran pembiayaan yang bersumber dari program kredit usaha rakyat. Choirul Djamhari, Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian Koperasi dan UKM, mengatakan koperasi yang ditetapkan menjadi pendamping memiliki kualitas standar operasional maupun kapasitas SDM.

“Mereka ditetapkan berdasarkan hasil kerja sama dengan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi yang menjadi ujungtombak di lapangan. Sebab, Dinas Koperasi Provinsi paling memahami kinerja koperasi di wilayahnya,” ujarnya kepada Bisnis, Kamis (23/5).

Menurut Choirul, penetapan ke-460 koperasi menjadi pendamping agar bisa meningkatkan sebaran pembiayaan di luar kota-kota besar Indonesia. Selama ini penyebaran dana KUR yang diakses pelaku usaha kecil dna menengah (UKM) lebih dominan di kota-kota besar.

Melalui pendampingan tersebut, diharapkan bisa menjangkau daerah kecil atau remote area yang selama ini belum terjangkau layanan perbankan. Terutama kepada usaha mikro dan kecil (UMK) yang memang memiliki kemampuan terhadap akses pembiayaan ke perbankan.

Tugas pendampingan yang dimaksud mempermudah akses UMK ke sumber pembiayaan, khususnya perbankan. Karena itu koperasi yang ditunjuk telah memahami proses pengajuan maupun proses proposal sesuai standar perbankan.

Sosialisasi terhadap program KUR selama ini ternyata kurang efektif karena lebih banyak dilakukan di kota-kota besar. Melalui pendampingan sekaligus sosialisasi melalui koperasi, sasaran pemerintah memperluas pembiayaan melalui KUR diharapkan bisa lebih optimal.

Untuk optimalisasi kinerja koperasi, mendapat insentif atau stimulus operasional. Yang diharapkan dari pola pendampingan itu adalah, meningkatkan pemahaman UMK terhadap sistem dan tata cara operasional perbankan.

Setelah UMK terbiasa dengan pendampingan serta secara perlahan memahami seluk beluk pengajuan, selanjutnya bisa mandiri mengakses dana KUR.  Pemahaman semacam ini yang diharapkan pemerintah agar penyaluran KUR semakin meluas. (bas)

http://www.bisnis.com/pemberdayaan-umkm-460-koperasi-dari-33-provinsi-jadi-pendamping

Blog Lainnya

BISNIS.COM, JAKARTA--Lembaga Pengelola Dana Bergulir memberi kesempatan kepada  koperasi…
BISNIS.COM, JAKARTA--Kementerian Koperasi dan UKM  tetapkan 460 koperasi dari…
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Keuangan Agus Martowardojo berjanji mengucurkan…

Kabar LPDB

JAKARTA: Lembaga Pengelolaan Dana Bergulir (LPDB) diminta tidak ragu…
PENGUMUMAN Nomor: KP.02.00/025/Pum/Dir.3/XI/2020 TENTANG HASIL TES POTENSI AKADEMIK DAN…
Jakarta - Upaya Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan…

Pengumuman

Jl. Letjend. MT. Haryono Kav. 52-53
Jakarta 12770 – Kotak Pos 4370
Telp. 021-7901440, 7990756
Fax. 021-7989746

Jl. Letjend. MT. Haryono Kav. 52-53
Jakarta 12770 – Kotak Pos 4370
Telp. 021-7901440, 7990756
Fax. 021-7989746

© Copyright 2020  – All Rights Reserved