LPDB diminta tak ragu salurkan pinjaman

JAKARTA: Lembaga Pengelolaan Dana Bergulir (LPDB) diminta tidak ragu menyalurkan permodalan kepada pelaku koperasi dan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) karena terbukti berdampak positif bagi peningkatan ekonomi kerakyatan.

Permintaan itu disampaikan pengelola koperasi peserta program penguatan modal dalam temu nasional peningkatan kinerja lembaga keuangan mikro (LKM) dalam melayani anggotanya, yang diselenggarakan Kementrian Negara Koperasi dan UKM.

“Kami selalu siap menyalurkan pembiayaan kepada UMKM, karena mereka membutuhkan modal. LPDB tidak perlu takut menyalurkannya melalui kami, “ ujar Pandi, Manager Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) Peranbabulan Al-Qomariya Gunung Jati, Cirebon, Jawa Barat, kemrin.

KJKS itu pada 2005 menerima dana bergulir Rp. 500 juta dari pemerintah untuk disalurkan kembali kepada usaha kecil. Akumulasi modalnya kini mencapai Rp. 3 miliar dengan layanan di sektor agribisnis.

Selain mengelola dana bergulir dari LPDB, KJKS Perambabulan, juga mengelola kredit dari Bank Muamalat Indonesia dan Bank Syariah Mandiri sekitar 350 juta.

Dengan pengalaman itu Pandi meminta LPDB tidak perlu khawatir menyalurkan dana bergulir melalui KJKS maupun koperasi simpan pinjam yang berhasil.

Dari 200 peserta temu nasional, mayoritas mempertanyakan kebijakan LPDB dalam penyaluran dana bergulir, karena saat ini sangat sukar mengaksesnya.

Sebelum LPDB berdiri pada 2008, program bantuan pembiayaan diakses melalui Unit Eselon I Kementrian Koperasi.

Lebih Efektif
Maoch. Hidayat, Direktur Keuangan dan Umum LPDB-KUMKM, menjelaskan penyaluran dana bergulir saat ini lebih selektif sesuai dengan Peraturan Pemerintah no. 99 Tahun 2008. Karena itu fokus penyaluran kepada koperasi yang memiliki manajemen pengelolaan yang baik.

“KJKS maupun KSP yang menyalurkan dana bergulir harus memiliki sistem manajemen dan bankable, serta pengembaliannya teratur. Dengan demikian masih bisa melakukan penyaluran dan bergulir pada periode berikutnya,” ujar Hidayat.

Sumber : Bisnis Indonesia

Berita Lainnya

JAKARTA: Lembaga Pengelolaan Dana Bergulir (LPDB) diminta tidak ragu…
Bogor - Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro…
Pasuruan - Direktur Umum dan Hukum Lembaga Pengelola Dana…

Blog

JAKARTA, Jaringnews.com - Susilo Bambang Yudhoyono telah menandatangani peraturan…
MedanBisnis--Jakarta. Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB)-KUMKM menggandeng Koperasi Pengangkutan…
BISNIS.COM, JAKARTA--Lembaga Pengelola Dana Bergulir memberi kesempatan kepada  koperasi…

Pengumuman

Jl. Letjend. MT. Haryono Kav. 52-53
Jakarta 12770 – Kotak Pos 4370
Telp. 021-7901440, 7990756
Fax. 021-7989746

Jl. Letjend. MT. Haryono Kav. 52-53
Jakarta 12770 – Kotak Pos 4370
Telp. 021-7901440, 7990756
Fax. 021-7989746

© Copyright 2020  – All Rights Reserved