LPDB-KUMKM Dukung Mitra Koperasi Lakukan Kerja Sama Strategis

Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) terus mendukung mitra koperasi untuk melakukan kerja sama strategis dalam rangka mendorong bisnis proses koperasi yang lebih maju dan berkembang.

Salah satu pilot project yang dilakukan oleh LPDB-KUMKM adalah mendorong penjajakan kerja sama strategis antara Koperasi Karyawan Redrying Bojonegero (Kareb) dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT BGR Logistik Indonesia.

Adapun Koperasi Karyawan Redrying Bojonegoro (Kareb) merupakan mitra LPDB-KUMKM yang berasal dari Bojonegoro, Jawa Timur. Koperasi ini bergerak dalam bidang industri pengolahan tembakau yang menjangkau pasar domestik maupun pasar internasional atau ekspor.

Direktur Utama LPDB-KUMKM, Supomo menjelaskan, saat ini Koperasi Kareb Bojonegoro telah berkembang sangat pesat dan banyak memiliki unit usaha yang dijalankan, salah satunya adalah industri pengolahan tembakau, mulai dari proses produksi, hingga pengepakan menjadi produk rokok dengan kualitas yang memenuhi standarisasi industri produk rokok.

“Kami melakukan kunjungan ke koperasi Kareb, dimana koperasi Kareb ini terlihat sekali perkembangannya dahulu dan sekarang, dan saat ini mereka sangat membutuhkan gudang, karena konsumennya terus meningkat, karena Kareb memiliki strandar operasi prosedur yang baik,” ujar Supomo dalam keterangannya di Bojonegoro, Senin (30/5/2022).

Supomo melanjutkan, sebagai mitra dari Koperasi Kareb Bojonegoro, LPDB-KUMKM tentu tak tinggal diam dengan pertumbuhan bisnis yang dijalankan oleh mitra koperasinya.

Dengan itu, LPDB-KUMKM menginisiasi penjajakan kerja sama strategis dalam hal pergudangan dan logistik dengan BUMN yakni PT BGR Logistik Indonesia.

Diharapkan, dengan penjajakan kerja sama tersebut, akan memberikan peningkatan ekosistem bisnis yang saling menguntungkan baik untuk Koperasi Kareb Bojonegoro maupun untuk PT BGR Logistik Indonesia.

“Harapanya BUMN-nya bisa terfasilitasi berkembang dan koperasinya juga berkembang dengan sehat, jadi intinya LPDB-KUMKM akan menciptakan ekosistem yang sehat yang menantang dan berkembang. Alhamdulillah hari ini bisa kami pertemukan Koperasi Kareb dengan BUMN BGR, LPDB-KUMKM akan support pada investasinya maupun modal kerja, karena ini sudah jelas offtakernya,” kata Supomo.

Supomo menegaskan, kedepan LPDB-KUMKM akan terus menciptakan ekosistem bisnis daripada koperasi mulai dari aspek hulu hingga hilir yang memberikan nilai tambah bagi perekonomian anggota koperasi, maupun peningkatan perekonomian masyarakat pada umumnya.

“Tentunya kami akan terus menciptakan ekosistem yang mendukung proses bisnis daripada mitra-mitra LPDB-KUMKM, sebab dalam Peraturan Menteri Koperasi dan UKM Nomor 04 Tahun 2020, LPDB-KUMKM selain fokus pembiayaan juga melakukan pendampingan,” pungkasnya.

Bojonegoro, 30 Mei 2022
Humas LPDB-KUMKM
www.lpdb.id

Berita Lainnya

Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil,…
Lumajang - Kementerian Koperasi dan UKM dan Lembaga Pengelola…
Sukabumi -Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mendorong petani…

Blog

One of the biggest errors people make when they're…
JAKARTA - Untuk memenuhi kebutuhan perumahan khususnya bagi masyarakat…
If you are taking into consideration getting married into…

Pengumuman

Jl. Letjend. MT. Haryono Kav. 52-53
Jakarta 12770 – Kotak Pos 4370
Telp. 021-7901440, 7990756
Fax. 021-7989746

Jl. Letjend. MT. Haryono Kav. 52-53
Jakarta 12770 – Kotak Pos 4370
Telp. 021-7901440, 7990756
Fax. 021-7989746

© Copyright 2020  – All Rights Reserved